Friday, May 17, 2013

The Great Gatsby (2013), Kisah Miliuner Muda Penyendiri, Misterius, Namun Penuh Cinta

Mengawali akhir pekan anda, Dudun's News mereview film Hollywood yang menduduki peringkat 1 Box Office minggu ini, The Great Gatsby, sebuah film persembahan Warner Bros. Pictures yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis Amerika Serikat, F. Scott Fitzgerald pada tahun 1925. Dibawah arahan sutradara Baz Luhrmann, The Great Gatsby hadir dengan kisah drama epik pada tahun tersebut.



 





Film ini menceritakan tentang seorang tentara veteran pada Perang Dunia 1 dan lulusan Universitas Yale, Nick Carraway (Tobey Maguire). Namun, kebiasaan buruk sebagai pecandu alkohol tidak menghambatnya untuk tetap mengejar keinginannya untuk menjadi penulis. Namun, seiring perkembangan zaman dan tren masyarakat yang berubah pada masa itu telah mengubahnya untuk beralih ke dunia bisnis dan ekonomi, yaitu perdagangan saham atau obligasi. Sebagai seorang pria dengan ekonomi yang biasa-biasa saja, Nick berani memutuskan untuk mengontrak rumah di pinggir teluk Long Island, berjajar dengan rumah-rumah gedongan yang berdiri kokoh menenggelamkan kediamannya.

Nick memiliki sepupu wanita yang tinggal di seberang teluk, West Egg, Daisy Buchanan (Carey Mulligan), bersama sang suami, Tom Buchanan (Joel Edgerton). Di sana Nick mendengar hal-hal menarik yang kerap menjadi buah bibir masyarakat New York saat itu, yakni Jay Gatsby (Leonardo DiCaprio), seorang miliuner kaya raya yang misterius dan selalu dijadikan tajuk utama dalam pemberitaan media masa. Miliuner yang nyatanya tinggal di sebuah istana besar tepat di sebelah rumah Nick.
Tak sulit bagi Nick untuk mengenal sang miliuner tersebut lantaran ia merasa sejak kepindahannya ke Long Island, ia selalu diamati oleh seseorang dibalik jendela dari istana Jay. Hingga pada suatu ketika, Nick mendapatkan undangan dari Jay Gatsby secara resmi untuk menghadiri sebuah pesta di rumahnya yang selalu diadakan setiap minggu secara besar-besaran. Namun, dia baru mengetahui bahwa dari sekian ratusan tamu yang diundang, belum ada satupun yang pernah bertemu dengan Gatsby secara pribadi, dan mereka telah mengembangkan beberapa teori tentang siapa dia. Mendengar Nick memperoleh undangan tersebut, hal itu lantas mengejutkan Jordan. Mengingat Jay Gatsby merupakan seorang pria muda kaya-raya yang penyendiri dengan kepribadian yang misterius. Pesta tersebut bahkan lebih meriah ketimbang pesta-pesta lainnya yang pernah ada. Dan Nick menjadi satu-satunya orang yang diundang secara resmi oleh Jay Gatsby.
Diselimuti rasa penasaran sekaligus bangga, Nick pun datang kesana dan bertemu dengan sang miliuner. Sebelumnya memang banyak desas-desus yang tersiar mengenai sosok Jay tersebut. Ada yang bilang Jay adalah seorang pahlawan perang, namun ada juga yang bilang Jay adalah seorang mafia yang bekerja sebagai pembunuh. Siapakah Jay Gatsby sebenarnya? Apa kiranya hubungan miliuner misterius tersebut dengan sepupu Nick? Dan benarkah yang didesas-desuskan mengenai dirinya?

Mengambil setting di era 1922, Baz mengemas The Great Gatsby dengan sangat menawan dan detil. Setiap properti, latar, dekorasi, tata bicara dan trend saat itu, bahkan hingga ke pengambilan gambar yang menempuh jalur sederhana. Hal tersebut justru membuat film berdurasi 142 menit ini menjadi sangat ramah untuk disaksikan.

Film yang yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio itu sukses meraup pemasukan US$51,1 juta untuk menempati posisi runner-up di belakang Iron Man 3 di daftar Box Office Amerika Serikat.

Akting aktor Titanic, The Aviator, dan Django Unchained, Leonardo Dicaprio yang beradu  dengan aktor Spider-Man, Tobey Maguire dapat anda saksikan di bioskop kesayangan anda mulai 17 Mei 2013.







(IGP/Dudun's News)


No comments: