Wednesday, May 22, 2013

Binahong, Tanaman Herbal Asia (Part 1)

Pernahkah anda mengenal istilah tanaman Binahong? jika belum, Binahong merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman yang populer digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit tertentu, mulai dari diabetes hingga gatal-gatal. Binahong juga dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara alternatif yang tidak hanya menyembuhkan, namun juga menyedapkan lidah dan hati anda. Mau tahu lebih lanjut tentang tanaman ini?


Binahong atau bahasa Latinnya Bassela rubra linn adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Tanaman ini sudah lama ada di Indonesia tetapi baru akhir-akhir ini saja menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk dijadikan obat alami untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit ringan maupun berat.


Daun binahong ini tumbuh merambat. Daun ini sering digunakan sebagai gendola atau gapura yang melingkar di atas jalan taman. Ada yang menamainya binahong dan berasal dari Korea. Namun tanaman ini sebenarnya sudah lama ada di Indonesia dan biasa disebut gendola (Basella rubra Linn). Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal. Kini bibitnya mudah dibeli di tempat penjualan tanaman. Tanaman ini memang tumbuh baik dalam lingkungan yang dingin dan lembab.

Tanaman yang konon berasal dari Korea ini dikomsumsi oleh orang-orang Vietnam pada saat perang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 sampai 1970an. Tanaman ini dikenal juga di kalangan masyarakat Cina dengan nama Dheng San Chi dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan, dan negara Asia Timur lainnya.

Di kawasan Asia Tenggara, tumbuhan ini merupakan konsumsi wajib penduduk Vietnam ketika melawan invansi Amerika, namun sayangnya tanaman ini masih asing untuk daerah Indonesia. Namun, secara empiris, masyarakat memanfaatkannya untuk membantu proses penyembuhan beragam penyakit. 

 
Manfaat dan Khasiat tanaman Binahong

Berikut adalah beberapa khasiat dari tanaman ini:
  • Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka dalam, radang usus. 

  • Melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah.

  • Mencegah stroke, maag, dan asam urat

  • Menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh

  • Mengobati penyakit peredaran darah, seperti wasir (ambeien)

  • Melancarkan buang air kecil dan buang air besar

  • Melegakan sesak nafas
  • Membantu memulihkan stamina
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Mengatasi pembekuan darah dan pembengkakan darah
  • Memulihkan memar
  • Mencegah stroke
  • Mengurangi rematik
  • Mencegah asam urat

  • Menghangatkan badan
Selain itu, Binahong berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dibawah ini, seperti:
  • Diabetes
  • Sariawan berat
  • Pusing-pusing
  • Sakit perut
  • Mimisan
  • Gatal-Gatal
Manfaat daun binahong adalah sebagai pengobatan herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit berat dan penyakit ringan. Kategori penyakit berat adalah batuk/muntah darah, paru-paru, sesak nafas, kencing manis, borok akut, patah tulang, radang ginjal, darah rendah, gegar otak ringan dan gatal.

Sementara itu, untuk kategori penyakit ringan adalah disentri, ambien, hidung mimisan, luka bakar, jerawat, usus bengkak, gusi berdarah, lemah syahwat, kelancaran haid serta menjaga stamina tubuh. 

Khasiat daun binahong yang sangat banyak ini bisa anda peroleh dengan berbagai cara, seperti mengunyah langsung daun ini atau meramunya hingga menjadi ramuan maupun teh. Saat ini, daun binahong telah banyak diolah menjadi berbagai macam obat maupun kosmetik. Anda dapat dengan mudah menjumpai teh yang dibuat dari daun binahong. Teh daun binahong diolah dari daun binahong yang dikeringkan. Jika anda ingin mengkosumsinya, anda hanya perlu menyeduhnya dengan air panas.

Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an surat Asy Syu’araa ayat 78-81:
“(Yaitu Tuhan), Yang telah menciptakan aku, maka Dia-lah yang menunjuki aku. Dan Tuhanku; Yang Dia memberi makan dan minum kepadaku. ‘Dan apabila aku sakit, Dia-lah yang menyembuhkan aku’. Dan yang akan mematikan aku, dan akan menghidupkan aku (kembali).”(Q.S Asy Syu’araa: 78-81).
  
Kandungan Gizi Daun Binahong

Kandungan yang terdapat dalam daun binahong antara lain adalah antimikroba. Antimikroba pada daun binahong sangat reaktif terhadap beberapa kuman penyebab infeksi pada luka bakar maupun luka karena terkena benda tajam. Khasiat daun binahong yang luar biasa juga karena daun binahong mengandung asam askorbat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan mempercepat penyembuhan.

Berdasarkan hasil penelitian, Binahong juga mengandung saponin, alkaloid dan polifenol.

Allah berfirman dalam surah Ar Ra'du ayat 4 yang artinya: “Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanam-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanam-tanaman di atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.” (Q.S Ar Ra’du:4).

JIka anda ingin mengetahui cara pengolahan Daun Binahong menjadi makanan dan minuman segar, klik disini

(IGP/Dudun'sNews)


No comments: